Sempat Heboh di Media Sosial, Kebakaran Lahan di Purwakarta Berhasil Dipadamkan

Tim gabungan meninjau kebakaran lahan

Mediapurwakarta.com
- Sebuah video berdurasi 30 detik yang menunjukkan kebakaran lahan pada malam hari telah beredar dan menjadi viral di media sosial. 

Laporan video tersebut disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, BPBD Provinsi Jawa Barat, dan dinas terkait untuk meminta bantuan dalam pemadaman.

Menanggapi tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, mengonfirmasi bahwa titik api di lokasi kebakaran telah berhasil dipadamkan. Kebakaran terjadi di lahan penyimpanan limbah karpet pabrik seluas satu hektare di Desa Karangmuti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Kami bersama Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta melakukan pengecekan langsung di lokasi kebakaran yang berada di Kampung Karang Mukti RT 01 RW 01, Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta pada tanggal 13 September 2023," ujar Andi.

Andi menyebutkan bahwa operasi pemadaman dan pendinginan lahan tersebut dilakukan dalam kondisi cuaca panas dan angin kencang. Tim gabungan bekerja keras untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di lokasi tersebut. 

Dengan penggunaan mobil pemadam kebakaran, tambah Andi, proses pendinginan telah selesai, dan tidak ada lagi titik api atau asap.

Dandim juga mengimbau masyarakat Kabupaten Purwakarta untuk tidak membakar sampah guna mencegah kebakaran lahan dan hutan selama musim kemarau 2023.

"Dalam menghadapi fenomena El Nino yang menjadi penyebab musim kemarau ini, langkah-langkah antisipasi telah diambil. Kami berharap agar seluruh masyarakat di Kabupaten Purwakarta selalu berhati-hati dan waspada selama musim kemarau ini untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan seperti ini," pesan Letkol Arm Andi Achmad Afandi.