Polsek Plered Terus Berupaya Meningkatkan Kinerja Polri dengan Patroli Dialogis


Mediapurwakarta.com
- Guna mencapai Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan), jajaran Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus aktif melaksanakan patroli dialogis untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Salah satu contoh nyata dari upaya ini terlihat dalam aksi yang dilakukan oleh personel dan bhabinkamtibmas di Polsek Plered ketika mereka melaksanakan patroli rutin. 

Dalam pelaksanaannya, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, yang diwakili oleh Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat dan menjalin hubungan tali silaturahmi serta komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat, mendorong mereka untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing, dan sosialisasikan Operasi Nusantara Cooling System," ungkap Ali, pada Minggu, 5 November 2023.

Lebih lanjut, Ali menjelaskan bahwa patroli dialogis tidak hanya bertujuan untuk memantau warga, tetapi juga untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat sehingga tercipta situasi kamtibmas yang aman dan nyaman. 

Ia menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Dalam arahan dari Kapolres Purwakarta, personel Polsek Plered terus melakukan kegiatan patroli di jam-jam rawan untuk mencegah berbagai jenis kejahatan, termasuk pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan genk motor.

Ali menambahkan, "Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Plered. Kegiatan patroli pada jam-jam rawan tersebut dilakukan sebagai tindakan strategis Harkamtibmas sekaligus jaminan keamanan, sehingga masyarakat bisa tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif."

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk segera menghubungi polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika mereka menemui hal-hal yang mencurigakan. 

AKP Ali Murtadho menyampaikan pesan terakhir, "Dalam setiap pesan kamtibmas, kami selalu ingatkan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya, dan kami mendorong mereka untuk melaporkan apabila mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba atau aksi yang mengganggu kamtibmas."