Sabtu Kasih, TNI dan Umat Beragama Bersatu dalam Toleransi di Kecamatan Bungursari


Mediapurwakarta.com
- Kodim 0619/Purwakarta terus memperkuat ikatan sosial dan memperdalam Kemanunggalan TNI dengan masyarakat, salah satunya lewat pelaksanaan kegiatan Sabtu Kasih.

Tak hanya Kodim 0619/Purwakarta, upaya Sabtu Kasih juga diterapkan oleh Koramil 1907/Bungursaru yang turut serta dalam membersihkan Gereja Kristen Kemah Daud di Raya Bungursari Kampung Warung Mekar, Desa Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1907/Bungursaru, Kapten Arm Wahyu Widodo, menjelaskan bahwa kegiatan Sabtu Kasih ini menjadi contoh positif terkait toleransi antarumat beragama, khususnya di wilayah Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Dikatakannya, tema Sabtu Kasih yang melibatkan warga sekitar dan pengurus Persit KCK Ranting Koramil 1907/Bungursari berhasil melaksanakan pembersihan rumah peribadatan di sekitar Kecamatan Bungursari.

"Dengan pelaksanaan kegiatan ini, kemanunggalan TNI dengan warga semakin menguat," ungkap Wahyu, sapaan akrab Danramil 1907/Bungursari, pada Sabtu, 25 November 2023.

Lebih lanjut, Wahyu menambahkan bahwa Sabtu Kasih ini tidak hanya menjadi wujud toleransi, namun juga saling menghormati antarumat beragama.

Menurut Wahyu, kegiatan Sabtu Kasih ini adalah bukti konkret bahwa di Kabupaten Purwakarta, khususnya di wilayah Koramil 1907/Bungursari, masyarakat dapat hidup berdampingan secara harmonis meski memiliki keyakinan yang berbeda.

"Kami ingin masyarakat mengetahui bahwa di sini, antarumat beragama mampu saling menghargai dan menghormati. Kami berharap apa yang telah kami lakukan dapat menjadi teladan bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Purwakarta, terutama di wilayah binaan Koramil 1907/Bungursari," ujar Wahyu.

Dia menambahkan bahwa melalui gotong royong membersihkan tempat ibadah, akan tercipta manfaat positif, baik untuk individu maupun lingkungan sekitar, dengan aspek utama yaitu terjalinnya hubungan silaturahmi.

"Harapannya, dengan kegiatan Sabtu Kasih ini, dapat memperkuat Kemanunggalan TNI dengan masyarakat, pengurus gereja, dan menjadi simbol bahwa TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.