Cegah Masalah Lingkungan, TNI-Polri Kompak Bersama Bersihkan Sampah di Pasar Citeko


Mediapurwakarta.com
- Dalam rangka menghadapi potensi dampak banjir yang mungkin terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi di sejumlah wilayah Kabupaten Purwakarta, Koramil 1902/Plered, Kodim 0619/Purwakarta, bekerja sama dengan Polsek Plered dan Polres Purwakarta, menyelenggarakan kegiatan karya bakti membersihkan pasar tradisional.

Terlihat jelas bahwa Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, bersama Danramil 1902/Plered, secara serasi melakukan pembersihan di Pasar Citeko, Desa Citeko, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, pada Kamis, 7 Desember 2023.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan sampah ini merupakan hasil kolaborasi antara Koramil 1902/Plered, Polsek Plered, dan partisipasi masyarakat.

"Pembersihan sampah yang tersebar sepanjang jalan dan di sekitar Pasar Citeko dilakukan agar pasar tetap bersih dan terhindar dari kekumuhan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan silaturahmi dan sinergi antara TNI/Polri, pemerintah, dan masyarakat," ujar Ali.

Ali menambahkan bahwa kegiatan karya bakti yang diinisiasi oleh Koramil 1902/Plered merupakan langkah antisipatif terhadap masalah sumbatan aliran air akibat sampah yang menumpuk di selokan.

"Partisipasi dan kesadaran bersama sangat diperlukan dalam menjaga agar lingkungan sekitar tetap bersih dan indah, sehingga kesehatan juga dapat terjaga dan terpelihara dengan sendirinya," tambah Ali.

Di sisi lain, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1902/Plered, Kapten Arm Witopo, menjelaskan bahwa pembersihan lingkungan pasar difokuskan di sekitar area parkir dan lapak pedagang di luar pasar dengan melibatkan anggota Koramil 1902/Plered.

Dengan menggunakan berbagai peralatan kebersihan seperti sapu lidi dan motor pengangkut sampah, anggota Koramil 1902/Plered dan Polsek Plered, bersama dengan petugas pasar dan masyarakat, melaksanakan tugas tanpa canggung.

Witopo menekankan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah sampah di sekitar Pasar Citeko, terutama saat memasuki musim hujan, yang dapat menyebabkan sumbatan selokan dan timbulnya bau tidak sedap yang berpotensi menimbulkan penyakit

"Sesuai arahan pimpinan dan komando Kodim 0619/Purwakarta, tindakan preventif Koramil 1902/Plered mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kebersihan, terutama saat memasuki musim hujan," ucapnya.

Dengan kegiatan ini, Witopo berharap dapat terjalin hubungan yang baik antara Koramil, Polsek, dan pengelola pasar. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pedagang dan pembeli akan pentingnya menjaga kebersihan.