Kerja Bakti Bersama Koramil 1907/Bungursari, Memupuk Kesadaran Lingkungan dan Antisipasi Banjir


Mediapurwakarta.com
- Dalam menyikapi potensi banjir akibat tingginya curah hujan di sejumlah wilayah Kabupaten Purwakarta, Kodim 0619/Purwakarta bekerja sama dengan masyarakat setempat melakukan aksi bersih-bersih sungai, selokan, dan sekitar lingkungan mereka.

Aksi tanggap bencana ini tampak dalam upaya Koramil 1907/Bungursari, yang bekerja sama dengan warga untuk membersihkan dan merawat drainase, saluran air, dan irigasi sebagai langkah preventif menghadapi ancaman banjir.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1907/Bungursari, Kapten Arm C Wahyu Widodo, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan, baik di kalangan anggota TNI, khususnya Koramil 1907/Bungursari, maupun masyarakat umum.

Dengan cuaca yang tidak dapat diprediksi dan intensitas hujan yang tinggi, tumbuhnya rerumputan dan ilalang yang subur dapat menutupi jalan serta menyumbat saluran air, meningkatkan risiko banjir. 

Wahyu menyatakan, "Melihat kondisi tersebut, timbul inisiatif kita untuk melakukan kerja bakti bersama membersihkan sektor umum, seperti selokan, pengerukan kali, dan membersihkan gorong-gorong agar air tidak tersumbat. Ini kita lakukan dalam upaya mencegah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kecamatan Bungursari pada Sabtu, 9 Desember 2023."

Meskipun peralatan yang digunakan terbatas, Wahyu menegaskan bahwa semangat anggota bersama warga tetap tak tergoyahkan untuk melaksanakan kegiatan karya bakti bersama. 

"Kita maksimalkan dengan alat seadanya, kita gunakan parang milik pribadi untuk memotong rumput-rumput dan cangkul untuk mengeruk sampah dari saluran air," katanya.

Wahyu menambahkan bahwa aksi ini merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Koramil 1907/Bubgursari, terhadap lingkungan, dan sekaligus menjadi contoh bagi masyarakat untuk ikut serta membersihkan sungai, saluran air, dan selokan dari sampah.

"Lebih dari itu, tindakan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran warga agar tidak membuang sampah di aliran sungai, yang pada akhirnya dapat meningkatkan upaya antisipasi terhadap banjir dan masalah kesehatan seperti penyebaran nyamuk," pungkasnya.