Koramil 1903/Darangdan, Kodim 0619/Purwakarta Menggelar Aksi Hijau di SMK Ansoruna Hade Rancage


Mediapurwakarta.com
– Aksi nyata untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah bencana terus dilakukan oleh Koramil 1903/Darangdan, Kodim 0619/Purwakarta. Kali ini, mereka menggelar acara penanaman ratusan pohon di Halaman Sekolah SMK Ansoruna Hade Rancage, Desa Pawenang, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. 

Kegiatan tersebut juga melibatkan masyarakat setempat, serta aparat desa, guru, dan juga para pelajar.

Dalam pengarahannya, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, menyampaikan bahwa tujuan utama dari penanaman pohon ini adalah untuk mitigasi bencana dan menjaga agar tidak terjadi erosi. Lebih lanjut, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program penghijauan di lahan sekolah.

"Penanaman pohon ini memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk menjaga lingkungan tetap asri, tetapi juga untuk menahan erosi yang dapat mengancam kelestarian tanah," ungkap Danramil 1903/Darangdan, Kapten Arm I Komang Sutisna, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Menariknya, kegiatan ini tidak hanya melibatkan unsur TNI saja, melainkan juga melibatkan masyarakat, guru, pelajar, dan anggota Polri. 

Hal ini merupakan langkah edukatif agar masyarakat dapat turut serta merawat tanaman tersebut, dengan harapan dapat memberikan dampak positif pada ekonomi di masa depan.

"Dengan melibatkan masyarakat, guru, pelajar, dan Polri, kita ingin menunjukkan sinergitas antara TNI dengan pemerintahan desa serta Polri. Ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat," tegas Komang.

Diharapkan, aksi penanaman pohon ini dapat meminimalisir risiko bencana longsor dan sekaligus menjadi langkah preventif menghadapi dampak pemanasan global. 

"Semoga upaya bersama TNI, masyarakat, pelajar, guru, aparatur desa, dan Polri ini dapat menjadi langkah positif dalam mengantisipasi bencana dan mengurangi dampak pemanasan global," pungkasnya dengan harapan besar.