Melawan Potensi Banjir, Prajurit TNI Bersatu Bersama Warga Purwakarta Bersihkan Sungai di Jatiluhur


Mediapurwakarta.com
- Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta, memicu kekhawatiran akan potensi banjir akibat sampah. 

Dalam menghadapi situasi ini, Kodim 0619/Purwakarta bersikap cepat dengan mengambil langkah antisipatif, yaitu membersihkan aliran sungai dan irigasi.

Di Desa Cilegong, Kecamatan Jatiluhur, Kodim bekerja sama dengan Koramil 1905/Jatiluhur, warga, dan pemerintah setempat melakukan gotong royong membersihkan saluran air dan gorong-gorong. 

Upaya ini merupakan respons terhadap potensi banjir yang dapat terjadi akibat tingginya curah hujan.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1905/Jatiluhur, Kapten Arm Deny Christian, menjelaskan bahwa pembersihan sampah di saluran air Desa Cilegong adalah langkah proaktif dalam menghadapi musim penghujan. 

"Bersih-bersih sampah ini dilakukan secara kolaboratif dengan instansi terkait dan warga setempat. Kerja sama TNI, instansi pemerintah, dan masyarakat berhasil membersihkan sampah yang dapat menyumbat saluran air," ujar Deni pada Senin, 11 Desember 2023.

Dalam mengakhiri upayanya, Danramil mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. 

"Kita perlu bersatu untuk melestarikan kebersihan sungai ini. Jangan buang sampah sembarangan, karena itu dapat mengancam keberlangsungan aliran air dan memicu potensi banjir," tandasnya. 

Semangat gotong royong ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam memelihara lingkungan sekitar demi keberlanjutan ekosistem sungai.