Melibatkan Masyarakat, Danramil 1903/Darangdan dalam Membersihkan Saluran Air Desa Cibingbin


Mediapurwakarta.com
- Bersama dengan sejumlah elemen masyarakat dan pemerintah setempat, Personel Koramil 1903/Darangdan, Kodim 0619/Purwakarta, melaksanakan kerja bakti bersama untuk membersihkan sampah di saluran air dan selokan Desa Cibingbin, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Dalam penggalangan ini, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1903/Darangdan, Kapten Arm I Komang Sutisna menyatakan bahwa saluran air tersebut menjadi fokus operasi pembersihan karena diidentifikasi sebagai titik rawan yang dapat memicu banjir.

"Kegiatan ini sengaja diinisiasi sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor, terutama dengan datangnya musim hujan yang intens pada periode Desember 2023 hingga Februari 2024," ujar Komang pada Jumat, 8 Desember 2023.

Dia menjelaskan bahwa pembersihan saluran air dan selokan dilakukan untuk menghilangkan sedimen, sampah, dan ranting-ranting pohon bambu guna menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, sekaligus mencegah terjadinya banjir akibat sumbatan sampah. Selain memelihara kebersihan di sekitar, kegiatan ini juga menjadi langkah antisipatif menghadapi risiko banjir.

“Partisipasi dalam kerja bakti ini memiliki dampak positif, tidak hanya memperkuat rasa kebersamaan, tetapi juga mempererat hubungan dengan warga sekitar,” tambahnya.

Komang menyebutkan bahwa kegiatan pembersihan sampah melibatkan sungai, parit, dan selokan.

"Pembersihan ini tidak hanya dilakukan untuk mencegah penumpukan sampah di selokan, parit, atau sungai yang dapat menyebabkan banjir, tetapi juga sebagai wujud dari perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan mengantisipasi dini potensi terjadinya banjir dan longsor selama musim penghujan,” terangnya.