Patroli Dialogis Polsek Plered di Seluruh Wilayah, Transformasi Paradigma Polri Menuju Presisi


Mediapurwakarta.com
- Upaya memperkuat kehadiran Polri di tengah masyarakat terus dilakukan oleh personel Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat melalui patroli dialogis yang melibatkan wilayah Kecamatan Plered dan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kinerja Polri dan mengubah paradigma menuju Polri yang Presisi, yang ditandai oleh pendekatan prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Patroli dialogis bukan hanya sekadar pemantauan, namun juga menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat serta membangun hubungan komunikasi yang baik.

Kapolres Purwakarta, 
AKBP Edwar Zulkarnain, melalui perwakilan Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho, menyatakan bahwa patroli dialogis ini menjadi rutin dengan tujuan utama menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi peringatan dini terkait cuaca ekstrem.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas dilingkungannya masing-masing dan disampaikan juga informasi peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang saat ini," ujar Ali pada Selasa, 26 Desember 2023.

Ali menjelaskan bahwa patroli dialogis ini bukan hanya untuk pemantauan, tetapi juga melibatkan penyampaian himbauan kamtibmas kepada masyarakat guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman. Peran aktif masyarakat dalam pemeliharaan kamtibmas sangat diharapkan, dan hal ini terus ditekankan dalam setiap patroli.

"Pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Plered menjadi prioritas. Kegiatan Patroli jam rawan tersebut dilakukan sebagai jawaban strategis Harkamtibmas sekaligus jaminan keamanan agar masyarakat bisa tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif," tegas Ali, mantan Kapolsek Pasawahan.

Ali juga mengingatkan masyarakat untuk segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas apabila menemui hal-hal mencurigakan. Dalam setiap pesan kamtibmas, masyarakat juga diingatkan untuk tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan orang lain dan untuk melaporkan peredaran miras dan narkoba.