Peduli Lingkungan Cegah Terjadinya Banjir, Koramil 1903/Darangdan dan Masyarakat Bersihkan Sungai Cisomang


Mediapurwakarta.com
- Personel Koramil 1903/Darangdan, Kodim 0619/Purwakarta, bersama sejumlah elemen masyarakat dan pemerintah setempat, bergotong royong membersihkan sampah di bantaran Sungai Cisomang di Kampung Wadon, Desa Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, pada Minggu, 3 Desember 2023.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1903/Darangdan, Kapten Arm I Komang Sutisna, menjelaskan bahwa aliran sungai tersebut menjadi fokus operasi pembersihan karena merupakan salah satu titik rawan yang dapat memicu banjir.

"Kegiatan ini diadakan sebagai tindakan pencegahan untuk menghindari bencana banjir dan longsor, mengingat datangnya musim hujan dengan intensitas tinggi pada periode Desember 2023 hingga Februari 2024," ujar Komang pada Minggu, 3 Desember 2023.

Pembersihan bantaran Sungai Cisomang ini bertujuan untuk menghilangkan sedimen, sampah, dan ranting pohon bambu, guna menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan mencegah potensi banjir akibat sumbatan sampah. Upaya ini tidak hanya menjaga kebersihan sekitar, tetapi juga sebagai langkah preventif menghadapi risiko banjir.

“Kegiatan kerja bakti ini memberikan dampak positif dengan memperkuat kerjasama dan silaturahmi antara personel militer dan masyarakat,” tambahnya.

Komang menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan sampah dilakukan tidak hanya di sungai tetapi juga di parit dan selokan.

"Pembersihan ini tidak hanya dilakukan untuk mencegah sumbatan sampah yang dapat menyebabkan banjir, tetapi juga sebagai wujud dari komitmen kami untuk menjaga lingkungan dan mengidentifikasi potensi risiko banjir dan longsor selama musim penghujan," jelasnya.