Peduli Lingkungan, Koramil 1906/Sukatani Bersihkan Pasar Tradisional untuk Cegah Banjir


Mediapurwakarta.com
- Pasca sukses melakukan pembersihan sungai dan penanaman pohon, Kodim 0619/Purwakarta terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kali ini, personel Koramil 1906/Sukatani aktif terlibat dalam kerja bakti dengan membersihkan tumpukan sampah di beberapa titik Pasar Tradisional di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Salah satu aksi bersih-bersih dilakukan oleh personel Koramil 1906/Sukatani di Pasar Anyar, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani. Dalam kegiatan ini, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1906/Sukatani, Kapten Arm Safriadil, menyampaikan bahwa upaya pembersihan ini bertujuan mencegah potensi banjir, terutama di musim hujan.

"Kegiatan bersih-bersih ini merupakan langkah preventif kami untuk mengantisipasi banjir di tengah curah hujan yang meningkat," ungkap Safriadil pada Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Danramil, kerja bakti ini melibatkan Kolaborasi antara Koramil 1906/Sukatani, Forkopimpcam Sukatani, Pemerintah Desa, masyarakat, dan pedagang pasar. Pasar Anyar menjadi fokus pembersihan sebagai langkah konkret dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Lebih lanjut, Safriadil menyampaikan bahwa tindakan pembersihan pasar ini tidak hanya sebagai upaya mencegah banjir, tetapi juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

"Kegiatan ini membawa pesan khusus, dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat, baik pengunjung maupun pedagang pasar, agar lebih peduli lagi terhadap kesehatan lingkungan,” terang Safriadil.

Danramil juga mengingatkan kepada warga pedagang di pasar untuk tidak membuang sampah sembarangan di dalam kompleks Pasar. Hal ini tidak hanya mencemari lingkungan tetapi juga dapat menimbulkan bau tidak sedap yang berpotensi menyebabkan penyakit dan bahkan banjir.

“Baik Pedagang maupun pengunjung harus bertanggung jawab, atas kebersihan pasar, hal ini untuk kenyamanan dan keindahan lingkungan pasar," tegasnya.