Waduk Jatiluhur Hijau dengan Penanaman 100 Pohon, Upaya Kolaboratif TNI dan Rakyat


Mediapurwakarta.com
- Koramil 1905/Jatiluhur, Kodim 0619/Purwakarta, mengadakan kegiatan penanaman ratusan pohon di sekitar Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, melibatkan partisipasi masyarakat, aparatur desa, dan anggota Polsek Jatiluhur pada tanggal 7 Desember 2023.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, melalui Danramil 1905/Jatiluhur, Kapten Arm Deni Kristian, menjelaskan bahwa penanaman 100 pohon dari berbagai jenis bertujuan sebagai langkah mitigasi bencana untuk mencegah erosi dan sekaligus sebagai bagian dari program penghijauan di area Waduk Jatiluhur.

"Penanaman pohon ini memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk menjaga keasrian lingkungan tetapi juga untuk meredam erosi," ujar Deni.

Deni menambahkan bahwa melibatkan masyarakat dalam kegiatan penanaman tersebut adalah upaya untuk memberikan edukasi agar tanaman tersebut dirawat, dengan harapan akan memberikan dampak ekonomi di masa depan.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa keterlibatan aparatur desa dan Polri adalah bentuk sinergi antara TNI dengan pemerintah desa dan kepolisian, serta sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Penanaman ini juga merupakan kesempatan bagi TNI untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, pemerintahan desa, dan kepolisian. Bersama rakyat, kita memperkuat kemanunggalan, baik dengan aparatur desa maupun polri, sebagai bentuk sinergi," tegasnya.

Deni berharap bahwa kegiatan penanaman pohon ini dapat mengurangi risiko bencana tanah longsor dan sekaligus menjadi langkah antisipasi terhadap dampak pemanasan global

"Semoga apa yang dilakukan oleh TNI, masyarakat, aparatur desa, dan polri dapat setidaknya mengurangi risiko bencana, sekaligus menjadi langkah antisipasi terhadap pemanasan global," ungkapnya.