Menuju Polri yang Presisi, Patroli Dialogis Polsek Pasawahan Tingkatkan Kinerja dan Hubungan dengan Masyarakat

Polsek Pasawahan Galang Sinergi dengan Masyarakat Lewat Patroli Dialogis

Mediapurwakarta.com
- Personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus melakukan Patroli dialogis ke seluruh wilayah, sebagai upaya menghadirkan Polri di tengah-tengah masyarakat.

Tindakan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan mengubah paradigma menuju Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Patroli dialogis diadakan oleh personel Polsek Pasawahan, Polres Purwakarta di seluruh Wilayah Kecamatan Pasawahan dan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho mengungkapkan, patroli dialogis ini dilakukan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat dan menjalin hubungan tali silaturahmi serta komunikasi yang baik.

"Patroli dialogis ini merupakan kegiatan rutin. Tujuannya untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungan mereka masing-masing," ucap Ali, pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Ia menjelaskan bahwa patroli dialogis ini dilaksanakan tidak hanya untuk memantau warga, tetapi juga untuk menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat agar tercipta situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.

"Keterlibatan masyarakat sangat diharapkan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di lingkungan tempat tinggal mereka," jelasnya.

Seperti yang disampaikan oleh Kapolres Purwakarta, kata Ali, personel Polsek Pasawahan terus melakukan kegiatan patroli pada jam-jam rawan untuk mencegah kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), aksi premanisme, dan genk motor.

"Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Pasawahan. Kegiatan patroli pada jam-jam rawan tersebut dilakukan sebagai upaya strategis Harkamtibmas dan juga sebagai jaminan keamanan agar masyarakat bisa tidur nyenyak dengan mengutamakan tindakan pencegahan dan pencegahan lebih awal," tegas eks Kapolsek Cibatu itu.

Selain itu, kata Ali, masyarakat diingatkan untuk segera menghubungi Polisi terdekat atau bhabinkamtibmas jika menemui hal-hal yang mencurigakan agar segera ditindaklanjuti.

"Dalam setiap pesan kamtibmas, kami selalu mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya dan melaporkan jika mengetahui adanya peredaran miras dan narkoba," Ungkap AKP Ali Murtadho.*