Sambang Silkam, Bhabinkamtibmas Bungursari Sosialisasikan Program Polisi RW

Sambang silaturahmi kamtibmas Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari

Mediapurwakarta.com
- Dalam rangka kegiatan sambang silaturahmi kamtibmas (Silkam), Bhabinkamtibmas Polsek Bungursari, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus mengedepankan program Polisi RW di wilayah Desa yang mereka bina.

Kapolsek Bungursari, Kompol H Budi Harto, menyampaikan bahwa Silkam tidak hanya bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, tetapi juga dimanfaatkan oleh bhabinkamtibmas untuk menyosialisasikan program Kepolisian kepada masyarakat.

Budi, yang dikenal dengan akrabnya, menjelaskan bahwa Polri saat ini telah meluncurkan program Polisi RW di mana setiap Polisi ditugaskan di setiap RW.

"Polisi RW bertanggung jawab untuk melakukan pembinaan dan deteksi dini terhadap permasalahan di tingkat RW. Tugas Polisi RW adalah menangani masalah kamtibmas yang berpotensi menyebabkan kejahatan, dengan melibatkan elemen masyarakat," 
ujar Budi pada Selasa, 11 Juli 2023.

"Polisi RW juga bekerja sama dengan masyarakat untuk menganalisis potensi yang dapat mengganggu kamtibmas, mulai dari aspek geografis, demografis, dan lain-lain," sambungnya.

Selanjutnya, Polisi RW diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat. Menurut Budi, kehadiran Polisi RW juga dapat mencegah terjadinya potensi kejahatan.

"Secara bertahap, segala faktor yang dapat mengganggu kamtibmas akan dapat diatasi," ungkap Kapolsek.

Budi menambahkan bahwa pembentukan Polisi RW dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Selain mendekatkan Polri dengan masyarakat, program ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat sehingga semua permasalahan di tingkat RW dapat diselesaikan dengan adanya Polisi RW," tambah Kompol H Budi Harto.*