Polsek Plered Tingkatkan Patroli Malam Antisipasi KejahatandDi Bulan Ramadhan


Mediapurwakarta.com
- Pada bulan suci Ramadhan 1445 H, Polsek Plered, Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terus melakukan patroli blue light sebagai tindakan pencegahan terhadap kecelakaan lalu lintas dan wilayah-wilayah yang rawan kejahatan serta gangguan kamtibmas. 

Langkah ini juga termasuk dalam antisipasi terhadap tindakan kriminal pasca pemungutan suara.

Kegiatan patroli blue light oleh Polsek Plered adalah patroli yang dilakukan secara rutin, mengincar tempat-tempat dan waktu-waktu yang rawan terhadap kejahatan. Patroli ini dilakukan menggunakan mobil patroli dinas yang dilengkapi dengan lampu rotator berwarna biru.

Patroli ini merupakan bagian dari usaha Polsek Plered untuk mencegah kecelakaan di wilayah-wilayah yang rawan, sekaligus untuk menghalau tindakan kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, dan perampokan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho menyatakan bahwa ada beberapa titik patroli yang dijalankan oleh tim di lapangan sebagai langkah pencegahan dini.

"Titik-titik patroli blue light mencakup wilayah hukum Polsek Plered, mulai dari pemukiman penduduk, tempat umum, objek vital, hingga daerah yang rawan kecelakaan," ujar Ali, pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Kapolsek menegaskan bahwa dalam patroli blue light, selain melakukan pengaturan lalu lintas, juga menyasar wilayah yang rawan terhadap tindakan kriminal.

"Dengan adanya patroli blue light, diharapkan dapat mengurangi keinginan pelaku kejahatan, mencegah gangguan kamtibmas, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dan beristirahat dengan aman dan nyaman," papar Ali.

Dia menambahkan bahwa dalam kegiatan tersebut, masyarakat juga diberikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah pada malam hari.

"Sebisa mungkin, hindari berpergian sendirian di malam hari. Kami juga menghimbau agar barang-barang yang ditaruh di luar rumah dimasukkan ke dalam rumah, guna mencegah terjadinya tindakan kejahatan," tambah Ali.

Tidak hanya itu, kata Kapolsek, pihaknya juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan mereka masing-masing.

"Terutama setelah dilangsungkannya Pemilu 2024 secara serentak, kita harus waspada terhadap penyebaran informasi palsu, dan masyarakat juga diingatkan untuk patuh terhadap aturan lalu lintas demi terciptanya situasi yang aman, tertib, dan lancar," himbau AKP Ali Murtadho.