Sabu Menjadi Duri dalam Ramadhan, Pemuda di Subang Ditangkap


Mediapurwakarta.com
- Bukannya memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk bertobat, seorang pemuda berinisial DA (30 tahun) justru terlibat dalam peredaran narkoba jenis sabu di Wilayah Kabupaten Subang.

DA, yang beralamat di Kampung Salahaur, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, akhirnya harus menghabiskan waktu lebaran di dalam sel tahanan setelah berhasil ditangkap oleh Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Subang pada Rabu, 20 Maret 2024.

Kasat Res Narkoba, AKP Heri Nurcahyo, yang menyampaikan informasi tersebut atas perintah Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Santanu, mengungkapkan bahwa DA diamankan di sebuah rumah di Kampung Rancabago, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.

"Penangkapan pelaku ini merupakan hasil dari informasi masyarakat dan operasi cipta kondisi yang dilakukan selama bulan Ramadhan 1445 hijriah," kata Heri pada hari Rabu, 27 Maret 2024.

Heri menambahkan bahwa keberhasilan ini berkat respons cepat anggota polisi terhadap informasi dari masyarakat, yang memungkinkan pengungkapan peredaran narkoba.

"Dari pelaku, kami berhasil menyita 30 paket sabu yang dibungkus dengan plastik klip bening, serta satu ponsel merk Vivo berwarna biru beserta simcardnya," ungkap Heri.

Menurut pengakuan pelaku, narkotika jenis sabu tersebut didapat dari seorang pria berinisial GG yang bertemu di Jalan Cimerta, Kecamatan/Subang, dalam sebuah bungkus rokok Gudang Garam Signature.

"Pelaku membeli barang haram tersebut dengan menggunakan sistem tempel dan putus antara penjual dan pembeli," jelas Heri.

Heri menegaskan bahwa pelaku akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) Sub 112 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun, serta denda maksimal Rp. 13 miliar.

Dia juga mengingatkan masyarakat, khususnya para remaja, untuk tidak mencoba-coba mengonsumsi narkoba karena dampaknya yang buruk terhadap kesehatan dan keluarga.

"Di bulan suci Ramadhan ini, mari tingkatkan amal ibadah dengan memperbanyak bershalawat dan membaca Al Quran di rumah," pungkasnya.